Ticker

6/recent/ticker-posts

Ad Code

Responsive Advertisement

Fakta Unik Yang Tersimpan Dalam Cinta

Buat kalian yang masih bingung dengan arti dari 'Cinta'! Ini dia beberapa penjelasan ilmiah yang mungkin bisa membuat rasa penasaran kalian sedikit terobati. Scrolling dan simak terus  untuk mengetahui artinya.

 Fakta yang mampu menjelaskan arti Cinta

1. Persamaan Cinta dan Kimia
Secara ilmiah, cinta ternyata sama kayak perasaan lapar dan haus. Hanya cinta terasa lebih kuat dan lebih permanen. Ketika kamu merasakan jatuh cinta, maka otak akan melepas beberapa zat seperti Pheromone, Dopamine, Norepinephrine, Serotonin, Oxytocin, dan Vasopressin. Semua zat ini memberikan rasa bahagia, senang, dan euphoria. Hampir sama seperti obat-obatan terlarang yang membuat banyak orang kecanduan.

Persamaan Cinta dan Kimia
Kebalikannya, ketika kita patah hati, otak mengaktifkan beberapa daerahnya yang biasanya berhubungan dengan rasa sakit di tubuh, dan malah mirip juga ama rasa ketagihan heroin. Bahkan dalam kondisi patah hati yang parah, tubuh manusia melepaskan beberapa unsur kimia yang dapat melemahkan jantung, dan pada akhirnya dapat mengakibatkan serangan jatung dan mendatangkan kematian. Hal ini disebut “Broken Heart Syndrome”. Jadi buat kalian yang sedang berusaha mendapatkan hati si 'Dia' diharap berhati-hati yah biar gak mati muda. 


2. Detak Jantung Pasangan bisa Sama
Percaya tidak percaya, jika kalian saling mencintai satu sama lain coba deh untuk saling bertatap-tatapan 5 menit ajah. Dan jika disamping kalian ada alat monitor jantung, kalian pasti akan terkejut ketika melihat detak jantung kalian berdua seperti terhubung antara satu sama lain dan mulai berdetak secara bersamaan!

Ciee detak jantung barengan..
Hal ini sudah dibuktikan secara ilmiah loh. Namun yang sekarang dipertanyakan mengapa dan bagaimana hal ini bisa terjadi...


3. Hati-Hati! Orang yang pintar bisa menjadi Linglung karena Cinta!
Kalau kalian sudah jatuh cinta, setiap hari, setiap jam, setiap menit, dan setiap detik pasti deh akan kepikiran dan ngebayangin dirinya terus-terusan. Seakan-akan isi didunia ini hanya ada dia seorang!
Namun, stelah diteliti oleh para pakar dan ahli, hal itu terjadi karena otak kita tiba-tiba bisa menyerupai mereka yang mengalami sindrom Obsessive Compulsive Disorder (OCD).

Hati dan pikiran berantem terus..
Sudah dibuktikan kalau kita lagi jatuh cinta pasti akan banyak melakukan hal-hal yang aneh dan tidak masuk akal. Dengan berkurangnya kemampuan kognitif kamu, kamu pasti tidak bisa fokus dengan kerjaan kamu, ga bisa mikir, dan ga bisa seaktif seperti biasanya yang membuat kamu terlihat seperti orang BODOH karena dibutakan oleh cinta yang sedang kami rasakan.


4. Kamu akan terkena Philophobia
Buat kamu yang mikir kalau gak pernah punya penyakit 'phobia', udah yakin belum nihh?? 
Karena setelah diteliti lagi oleh pakar dan sumber terpercaya, ternyata karena cinta juga kalian bisa juga loh kena 'phobia' dari cinta, yaitu 'Philopobhia'.

Sakit untuk kesekian kalinaya.
Tanda-tandanya kalau kalian kena Philophobia? Ciri utamanya itu udah pasti kamu gak akan bisa move on! Jadi setiap kali kalian mencoba membuka hati untuk orang baru, pasti akan timbul rasa takut disakiti seperti yang sudah pernah kalian alami sebelumnya.


5. Cinta adalah salah satu Obat paling mujarab!
Buat kalian yang berpikiran kalau cinta hanya menimbulkan sakit hati, perhatikan ini baik-baik yah. Cinta dipercaya sebagai obat yang paling mujarab dikala kita sedang sakit. Para ahli sudah membuktikan hal ini, karena sewaktu kita sedang jatuh cinta maka otak kita akan melepaskan hormon Oxytocin yang dapat berfungsi sebagai 'painkiller'. 

Cinta adalah Obat Ajaib!
Jadi buat kalian yang sekarang memiliki pasangan, sudah tau dong alasannya mengapa kalau kalian sedang sakit lalu dipeluk oleh orang yang kalian cintai akan terasa enak dan nyaman banget?? Atau dengan melihat foto dari pujaan hati kalian saja rasa sakit kalian akan dengan sendirinya seperti lenyap tidak bersisa.


6. Sebutan untuk kata Cinta
Cinta itu beda banget dengan keadaan yang sering kali dialami manusia pada umumnya. Seperti saat kalian lapar, yah udah lapar saja. Dan setelah makan pasti rasa lapar itu akan hilang secara otomatis. Namun kalau cinta, kalian bisa memiliki rasa cinta yang berbeda-beda seperti dengan keluarga, teman, terhadap hewan peliharaan kalian, pacar, atau mungkin selingkuhan kalian sekalipun.

Cinta itu terdiri dari ribuan Nama..
Cinta itu sangat kompleks dan sangat sulit dijelaskan. Oleh karena itu orang jaman dijaman dulu menyebutkan kata cinta dalam beberapa arti. Seperti “Storge” untuk cinta keluarga, “Philia” untuk cinta terhadap teman, “Eros” untuk cinta romantis, dan “Agape” untuk cinta pada Tuhan.


7. Cinta itu identik dengan kata RIBET!
Sebelom kalian jatuh cinta dengan seseorang, pasti ada rasa tertarik terlebih dahulu. Entah itu tertarik secara fisik, tertarik dengan kepribadiannya, atau yang lainnya. Yang pasti tanpa ada rasa tertarik, rasa Cinta itu engga akan pernah muncul. Yang uniknya, saat kalian tertarik kepada seseorang, bagian otak sebelah kiri kamu akan menjadi sangat aktif. Sebaliknya, jika kalian mulai jatuh cinta, maka otak bagian kanan kamulah yang akan menjadi sangat aktif.

Gamau RIBET? Jomblo ajah terus..
Ketertarikan bisa menjadi sangat subjektif bagi kalian yang sangat pemilih. Seperti yang sudah disebutkan, bisa dari fisik, pribadi, hobby, dan lainnya. Banyak dari kalian pasti akan memilih pasangan yang memiliki banyak kesamaan dengan diri kalian sendiri. Namun faktanya, pasangan yang dibentuk karena banyak kesamaan tidak akan awet karena mengalami kebosanan. Sedangkan terlalu banyak perbedaan juga akan merasa terasing dan bisa membahayakan hubungan itu sendiri. 


Nah, jadi bingung kan harus bagaimana??
Memang yang namanya Cinta itu bisa membuat seseorang bahagia dan lupa dengan sekitarnya. Namun, jangan lupa karena Cinta pula banyak orang yang memilih untuk mengakhiri hidupnya karena keputusasaan yang sangat dalam. 
Jadi, buat kalian nih yang masih jomblo ataupun sudah punya pasangan, dijaga baik-baik yah hubungan kalian itu. Karena untuk menyatukan Cinta itu tidak akan ada yang mudah seperti kalian membalikan telapak tangan, dan juga tidak akan ada yang sesulit seperti kalian memindahkan gunung.  - Admin -